Recent Post

Breaking News
Loading...
Kamis, 13 November 2014

Statistik

A. Definisi Statistik

Statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

Statistik dalam arti luas
Statistik adalah ilmu pengetahuan yang merangkum kegiatan- kegiatan antara lain pengumpulan, pengorganisasian, perangkuman , pemaparan, dan penganalisaan data, serta pengambilan kesimpulan berdasarkan metode ilmiah yang teruji. Untuk penarikan kesimpulan yang valid serta pengambilan keputusan yang berdasarkan alasan ilmiah yang kuat dari hasil, analisis tersebut.

Statistik dalam arti sempit
Statistik berarti informasi yang berbentuk angka,seperti: Sensus Ekonomi, Sensus Penduduk.dimana dalam hasil sensus tersebut diantaranya tercantum jumlah penduduk menurut umur, jumlah yang masih buta huruf, dan sebagainya. Sedangkan pada hasil sensus ekonomi informasi yang ada diantaranya jumlah usaha/perusahaan, jumlah asset perusahaan yang dirinci menurut kegiatan ekonomi yang ada.  



B. Peranan dan Perlunya Statistik 

1. Peranan Statistik
Menurut Hasan, 2009 Peranan statistik dalam kehidupan yaitu sebagai berikut :
a.    Dalam kehidupan sehari-hari
Dalam kehidupan sehari-hari, statistik memiliki peranan sebagai penyedia bahan-bahan atau keterangan-keterangan berbagai hal untuk diolah dan ditafsirkan.

b.    Dalam penelitian Ilmiah
Statistik memiliki peranan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan atau menemukan kembali keterangan-keterangan yang seolah-olah tersembunyi dalam angka-angka statistik.

c.    Dalam ilmu pengetahuan
Statistik memiliki peranan sebagai penyedia alat untuk mengemukakan atau menemukan kembali keterangan-keterangan yang seolah-olah tersembunyi dalam angka-angka statistik.

Dengan semakin pentingnya peranan statistik pada berbagai bidang dalam kehidupan modern, maka timbul cabang-cabang ilmu baru yang merupakan gabungan antara ilmu-ilmu lain seperti :
a.    ekonometrika (ilmu ekonomi dan statistik)
b.    Sosiometri (Sosiologi dan statistik)
c.    Psikometri (Psikologi dan statistik)

2. Perlunya Statistik
Menurut Hasan, 2009 perlunya mempelaijari statistik karena statistik berperan sebagai alat bantu dalam hal-hal berikut ini :
a.    Menjelaskan hubungan antara variabel-variabel
Variabel atau peubah merupakan sesuatu yang nilainya tidak tetap. Dengan statistik, variabel-variabel tersebut dapat dijelaskan.

b.    Membuat rencana dan ramalan
Rencana dan ramalan merupakan dua hal yang diperlukan dalam pelaksanaan sesuatu, sehingga dapat diperoleh hasil yang baik dan berkualitas. Dengan statistik, rencana dan ramalan dapat dibuat sebaik mungkin.
c.    Mengatasi berbagai perubahan
Perubahan-perubahan yang terjadi dalam suatu pengambilan keputusan tidak mungkin dapat diabaikan atau dihindarkan, supaya pihak-pihak lain tidak ada yang dirugikan. Dengan statistik, perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dapat diantisipasi.

d.    Membuat keputusan yang lebih baik
Keputusan yang baik dan rasional amat diperlukan dalam menjaga kelancaran sebuah aktivitas kerja supaya kelestarian dari sebuah usaha dapat terjamin. Dengan statistik, keputusan yang baik dan rasional dapat dihasilkan.



C. Tahap - Tahap Kegiatan Statisitik

Pengumpulan data (collecting the data)

Sebelum melakukan pengolahan data, ada bebarapa tahap yang harus dilakukan. Sedangkan setelah analisis data yaitu suatu proses penyederhanaan data, maka dapat dilakukan interpretasi data dengan mudah.
Kuesioner merupakan alat pengumpul data yang digunakan untuk survai, guna memudahkan proses selanjutnya, sebaiknya dalam kuesioner telah tersedia kolom untuk koding. Pengumpulan data dapat berupa
  • Pengumpulan data seluruh populasi (disebut metode sensus atau metode penelitian populasi)
  • Pengumpulan sampel (sebagian data yang mewakili populasi)

Penyusunan data (organizing the data)

Editing

Data lapangan yang ada dalam kuesioner perlu diedit, tujuan dilakukannya editing adalah untuk:
  • Melihat lengkap tidaknya pengisian kuesioner.
  • Melihat logis tidaknya jawaban.
  • Melihat konsistensi antar pertanyaan.

Koding Data

Dilakukan untuk pertanyaan-pertanyaan:
  • Tertutup, bisa dilakukanpengkodean sebelum ke lapangan.
  • Setengah terbuka, pengkodean sebelum dan setelah dari lapangan.
  • Terbuka, pengkodean sepenuhnya dilakukan setelah selesai dari lapangan.

Pengolahan Data

Paling tidak ada dua hal yang perlu dilakukan ketika melakukan pengolahan data:
  • Entry data, atau memasukan data dalam proses tabulasi.
  • Melakukan editing ulang terhadap data yang telah ditabulasi untuk mencegah terjadinya kekeliruan memasukan data, atau kesalahan penempatan dalam kolom maupun baris tabel.

Penyajian data (presenting the data)

Agar mudah dibaca dan dilihat secara visual, maka data dibuat dalam bentuk tabel, grafik, dan diagram.

Analisis Data (analyzing the data)

Data yang disusun dianalisis dengan metode statistik (rata-rata, variasi, korelasi, atau regresi) untuk memperoleh gambaran keseluruhan.
Ketika kita memutuskan untuk melakukan analisis data menggunakan alat statistika, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain:
  • Dari mana data diperoleh, apakah berasal dari sampel (melalui proses sampling) atau dari populasi (dengan cara sensus)
  • Jika berasal dari sampel apa teknik sampling yang digunakan, apakah termasuk kelompok sampling probabilitas atau non probabilitas.
  • Memakai skala apa data diukur, apakah menggunakan skala nominal, ordinal, interval, atau rasio.
  • Bagaimana hipotesis yang dibuat apakah perlu dilakukan pengujian satu
  • arah atau dua arah kalau memakai statistika inferensial.

Interpretasi data (interpreting the data)

Data disimpulkan untuk memperoleh data yang benar. Aplikasi statistik dalam penelitian harus didokumentasikan. Sebelum memilih metode statistik untuk proyek penelitian. Pengetahuan tentang skala pengukuran adalah salahsatu prasyarat utama dalam penelitian statistik. Skala pengukuran dilakukan dengan alokasi nilai-nilai numerik untuk karakteristik sesuai dengan aturan-aturan tertentu. Pengukuran dapat berupa kuantitatif atau kualitatif. Hal-hal lai yangt termasuk dalam tingkatan pengukuran kuantitatif termasuk diantaranya aspek interpretasi dan analisis paragraf, sedangkan tingkat pengukuran kuantitatif berfokus pada langkah-langkah seperti nominal, ordinal, rasio tingkat internal dan pengukuran.

Kesimpulan dari Saya : Statistik merupakan cara-cara ilmiah untuk mengumpulkan, menyusun, meringkas dan menyajikan data penyelidikan. Atau merupakan cara-cara untuk mengolah data dan menarik kesimpulan yang teliti dan keputusan yang lorik dari pengolahan data tersebut

0 komentar :

Posting Komentar

 
Toggle Footer