Recent Post

Breaking News
Loading...
Kamis, 13 November 2014

Resume 1 - Makna Islam

A. MAKNA ISLAM (مَعْنَى الإِسْلاَمِ)

1. Islam berasal dari bahasa Arab yang memiliki banyak arti :

a. Islam berasal dari kata "islaamul wajhi " (أَسْلَمَ وَجْهَهُ ) yang artinya menundukan wajahnya. Seorang muslim berarti menundukan wajahnya di hadapan Allah SWT,karena rasa hormatnya kepada Allah SWT.

b. Islam berasal dari "istislaam" (الإِسْتِسْلاَمُ) yang berarti berserah diri. Seorang muslim berarti orang yang berserah diri kepada Allah SWT,apapun yang akan diperbuat oleh Allahkepada dirinya ia akan pasrah,menyerah,ridho. 

c. Islam juga berasal dari kata "as-salaamah" (اَلسَّلاَمَةُ) yang artinya suci dan bersih. Seorang muslim adalah orang yang besih badan ,pakaian,pikiran dan hatinya. Kebersihan ini merupakan keiklasan islam,sehingga Bab Thaharah (Bersuci) menjadi yang pertama dalam Fiqh. 

d. Islam berasal dari kata "as-salaam" (اَلسَّلاَمُ) yang artinya selamat sejahtera. Seorang muslim selalu memberikan keselamatan dan  kesejahteraan bagi orang lain. Ucapan salam adalah  khas bagi muslim. Rasulullah SAW mendorong umatnya agar menebarkan salam kepada orang yang dikenal dan tidak dikenal.

e. Islam juga berasal dari kata "as-silmu atau as-salmu" (اَلسِّلْمُ) yang artinya perdamaian. Islam adlah agama yang damai,bukan agama kekerasan. Orang muslim adalah orang yang menebarkan kedamaian di  muka bumi. 
Jadi Islam berarti :
  • Menundukan wajah kehadirat Allah SWT
  • Berserah diri kepada Allah SWT
  • Kesucian dan kebersihan
  • Keselamatan dan kesejahteraan
  • Perdamaian
Dan inilah yang  diridhoi oleh Allah SWT,siapa yang mencari agama lain akan ditolak diakhirat dan rugi.


0 komentar :

Posting Komentar

 
Toggle Footer