Rencana Membangun
Usaha
Nama Usaha : Membangun Software House
Rencana
Kegiatan Bisnis
Bisnis ini
merujuk kepada sekelompok orang atau individu atau perusahaan kecil yang
melakukan usaha dalam bidang pembuatan perangkat lunak (software), produk yang
dihasilkan dapat berupa aplikasi desktop, pembuatan web atau lebih spesifik
lagi untuk client tertentu (seperti aplikasi untuk toko, apotik, rental mobil,
dll).
Banyak hal-hal
yang haru diperhatikan para pelaku usaha dalam menjalani bisnis ini, yang harus
diperhatikan adalah :
- Ujung tombak untuk mendapatkan banyak client terletak pada kekuatan marketing (pemasaran).
- Kepuasan pelanggan (client) berkaitan dengan produk dan layanan yang diberikan oleh software house. Termasuk pula di sini keaktifan pihak customer support dalam mem-follow up si client pasca penyerahan produk.
- Developer team (tim pengembang) yang handal: yakni para programmer yang ada di balik suatu produk/aplikasi. Di tangan mereka lah, sebuah produk handal dihasilkan.
Dalam
menjalankan usaha ini Untuk mendapatkan sebuah project/order, bisa dilakukan
berbagai macam cara, seperti: melalui rekan/kolega yang berpotensi bisa
memberikan project, promosi lewat iklan di media cetak atau internet, hunting
project di internet, metode jemput bola (langsung membuat proposal dan
penawaran kepada calon client yang berpotensi membutuhkan produk/jasa IT).
Strategi
Bisnis
Untuk mendapatkan sebuah project/order, bisa dilakukan
berbagai macam cara, seperti: melalui rekan/kolega yang berpotensi bisa
memberikan project, promosi lewat iklan di media cetak atau internet, hunting
project di internet, metode jemput bola (langsung membuat proposal dan
penawaran kepada calon client yang berpotensi membutuhkan produk/jasa IT).
Bila modal yang ada minim, tetapi kemampuan/skill IT nya mencukupi, cobalah dengan metode "kumpul bareng" sesama SDM IT membuat usaha gotong royong, masing-masing membawa "sumbangan modal" seperti komputer dan lain-lain, sedangkan output dari hasil project bisa diatur seproporsional mungkin yang menyenangkan semua pihak.
Bila modal yang ada minim, tetapi kemampuan/skill IT nya mencukupi, cobalah dengan metode "kumpul bareng" sesama SDM IT membuat usaha gotong royong, masing-masing membawa "sumbangan modal" seperti komputer dan lain-lain, sedangkan output dari hasil project bisa diatur seproporsional mungkin yang menyenangkan semua pihak.
Rencana
Anggaran
Kebutuhan
perangkat dan SDM
- Lokasi/tempat sebagai camp kerja, yang membuat betah/nyaman para pegawai di dalamnya.
- 3 sampai 4 unit komputer client dengan spesifikasi "powerfull" (misal Pentium i3, RAM 2GB, VGA 1GB, HD 500 GB, konfigurasi LAN), 1 unit komputer server yang stabil (misal: untuk kegiatan simulasi atau testing aplikasi), koneksi internet (untuk kondisi sekarang sangat penting memilikinya).
- Program-program sumber (master installer) yang cukup lengkap untuk instalasi bila sewaktu-waktu diperlukan.
- Sarana komunikasi pendukung: handphone, fixedphone (telkom).
- Sumber bacaan sebagai referensi : buku, majalah, e-book, journal, surat kabar, dll
- Team sukses, cobalah membuat konfigurasi SDM seperti ini : 1 orang project leader (sbg marketting & negosiator), 1 Networking & Web application specialist, 1 Graphic & Web designer specialist, 1 Desktop Application specialist, 1 Sales & Customer support.
Perkiraan
kebutuhan dana awal untuk memulai usaha :
No
|
Nama
|
Nominal
|
1
|
Komputer
|
Rp. 20.000.000,00
|
2
|
Komunikasi
|
Rp. 1.000.000,00
|
3
|
Promosi dan Marketing
|
Rp. 2.000.000,00
|
4
|
Lain-lain
|
Rp. 5.000.000,00
|
Total
|
Rp. 28.000.000,00
|
0 komentar :
Posting Komentar