A. Identity
(Identifikasi Masalah)
Mengidentifikasi
(mengenal) masalah merupakan langkah pertama yang dilakukan dalam tahap
analisis sistem.
Kenapa?
Karena masalah inilah yang menyebabkan sasaran dari sistem tidak
dapat dicapai.
Jadi tugas yang harus dilakukan adalah :
1. Mengidentifikasi penyebab masalah
2. Mengidentifikasi titik keputusan
3. Mengidentifikasi personil-personil
kunci
1.
Mengidentifikasi Penyebab
Masalah
Analis
sistem harus mempunyai pengetahuan yang cukup tentang aplikasi yang sedang
dianalisisnya. Untuk aplikasi bisnis, analis sistem perlu mempunyai pengetahuan
tentang sistem bisnis yang diterapkan di organisasi, sehingga dapat
mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah ini.
Tugas
mengidentifikasi penyebab masalah dimulai dengan mengkaji ulang terlebih dahulu subyek permasalahan yang telah
diutarakan oleh manajemen atau yang telah ditemukan oleh analis sistem di tahap
perencanaan sistem.
2.
Mengidentifikasi Titik
Keputusan
Setelah
penyebab terjadinya masalah dapat diidentifikasi, selanjutnya juga harus
mengidentifikasikan titik keputusan penyebab masalah tersebut. Titik keputusan
menunjukkan suatu kondisi yang menyebabkan sesuatu terjadi.
Analis
sistem bila telah dapat mengidentifikasi terlebih dahulu titik-titik keputusan
penyebab masalah, maka dapat memulai penelitiannya di titik-titik keputusan
tersebut.
Sebagai
dasar identifikasi titik-titik keputusan ini, dapat digunakan dokumen paperwork flow atau form flowchart bila
dokumentasi ini dimiliki oleh perusahaan.
3.
Mengidentifikasi
Personil-personil Kunci
Setelah
titik-titik keputusan penyebab masalah dapat diidentifikasi beserta lokasi
terjadinya, maka selanjutnya yang perlu diidentifikasi adalah personil-personil
kunci baik yang langsung maupun yang tidak langsung dapat menyebabkan
terjadinya masalah tersebut. Identifikasi personil-personil kunci ini dapat
dilakukan dengan mengacu pada bagan alir dokumen perusahaan serta dokumen deskripsi kerja (job description).
B.
Understand (memahami
kerja sistem yang ada)
Langkah ini dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana
sistem yang ada beroperasi. Diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara
melakukan penelitian.
Bila di tahap perencanaan sudah pernah diadakan penelitian, sifatnya masih
penelitian pendahuluan (preliminary survey). Sedangkan pada tahap analisis
sistem, penelitiannya bersifat penelitian terinci (detailed survey).
Analis sistem perlu mempelajari apa dan bagaimana operasi dari sistem yang
ada sebelum mencoba untuk menganalisis permasalahan, kelemahan dan kebutuhan
pemakai sistem untuk dapat memberikan rekomendasi pemecahannya. Sejumlah data
perlu dikumpulkan, dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang ada, yaitu
wawancara, oberservasi, daftar pertanyaan dan pengambilan sampel.
Tugas yang perlu dilakukan di langkah ini adalah :
1. Menentukan jenis penelitian
Jenis penelitian perlu ditentukan untuk masing-masing titik keputusan yang
akan diteliti. Jenis penelitian tergantung dari jenis data yang diperoleh,
dapat berupa data tentang operasi sistem, data tentang perlengkapan sistem,
pengendalian sistem, atau I/O yang digunakan oleh sistem.
2. Merencanakan jadual penelitian
Supaya penelitian dapat dilakukan secara efisien dan efektif, maka jadual
penelitian harus direncanakan terlebih dahulu yang meliputi :
- Dimana penelitian akan dilakukan
- Apa dan siapa yang akan diteliti
- Siapa yang akan meneliti
- Kapan penelitian dilakukan
- Mengatur jadual wawancara
- Mengatur jadual observasi
- Mengatur jadual pengambilan sampel
4. Membuat penugasan penelitian
Setelah rencana jadual penelitian dibuat, maka tugas dilanjutkan dengan
menentukan tugas dari masing-masing anggota tim analis sistem, yang ditentukan
oleh koordinator analis sistem melalui surat penugasan dengan menyertakan
lampiran kegiatan penelitian yang harus dilakukan.
- Membuat agenda
wawancara
Sebelum wawancara dilakukan, waktu dan materi wawancara perlu didiskusikan.
Rencana ini dapat ditulis di agenda wawancara
dan dibawa selama wawancara berlangsung. Tujuannya adalah supaya wawancara
dapat diselesaikan tepat pada waktunya dan tidak ada materi yang terlewatkan.
- Mengumpulkan hasil
penelitian
Fakta atau data yang diperoleh dari hasil penelitian harus dikumpulkan
sebagai suatu dokumentasi sistem lama, yaitu :
- Waktu untuk
melakukan suatu kegiatan
- Kesalahan melakukan
kegiatan di sistem yang lama
- Pengambilan sampel
- Formulir dan laporan
yang dihasilkan oleh sistem lama
5. Elemen-elemen data
- Teknologi yang
digunakan di sistem lama
- Kebutuhan informasi
pemakai sistem / manajemen
C. Analyze (menganalisis
system)
Sasaran yang diinginkan oleh sistem yang baru ditentukan oleh kriteria
penilaian sebagai berikut : relevance, capacity, efficiency, timeliness,
accessibility, flexibility, accuracy, reliability, security, economy,simplicity
Berdasarkan pertanyaan dan kriteria ini, selanjutnya analis sistem akan dapat melakukan analis dari hasil penelitian dengan baik untuk menemukan kelemahan dan permasalahan dari sistem yang ada.
Berdasarkan pertanyaan dan kriteria ini, selanjutnya analis sistem akan dapat melakukan analis dari hasil penelitian dengan baik untuk menemukan kelemahan dan permasalahan dari sistem yang ada.
D. Report (membuat
laporan hasil analisis)
Laporan hasil analisis diserahkan ke Panitia Pengarah (Steering Committee)
yang nantinya akan diteruskan ke manajemen. Pihak manajemen bersama-sama dengan
panitia pengarah dan pemakai sistem akan mempelajari temuan-temuan dan analis
yang telah dilakukan oleh analis sistem yang disajikan dalam laporan ini.
Tujuan utama dari penyerahan laporan ini kepada manajemen adalah :
Tujuan utama dari penyerahan laporan ini kepada manajemen adalah :
-
Analisis telah selesai
dilakukan
-
Meluruskan
kesalah-pengertian mengenai apa yang telah ditemukan dan dianalisis oleh analis
sistem tetapi tidak sesuai menurut manajemen.
-
Meminta pendapat dan
saran dari pihak manajemen
-
Meminta persetujuan
kepada pihak manajemen untuk melakukan tindakan selanjutnya (dapat berupa
meneruskan ke tahap disain sistem atau menghentikan proyek bila dipandang tidak
layak lagi)
-
Semua hasil yang didapat
dari penelitian perlu dilampirkan pada laporan hasil analisis ini, sehingga
manajemen dan user dapat memeriksa kembali kebenaran data yang telah diperoleh.
0 komentar :
Posting Komentar