Recent Post

Breaking News
Loading...
Rabu, 17 Desember 2014

Resume 14 : Memanajemen Waktu (Managing Time)

Bagaimana cara memanage waktu? Inilah Prinsip-Prinsip Manajemen Aktivitas:
1.      Disiplin
Disiplin memang paling sulit untuk dilakukan, namun bila kita sudah berkomitmen, maka ini tidaklah menjadi penghalang kita untuk menuju ke arah yang lebih baik.
2.      Jangan tangguhkan pekerjaan
Jangan tarsok-tarsok*(Ntar, besok)! Menunda pekerjaan hanya akan mempersulit kita untuk mengerjakan pekerjaan lain yang terus menerus datang setiap waktunya.
Jika kita melihat mengenai kaitan waktu dan prestasi kerja, maka ada baiknya dikutip petikan surat Khalifah Umar bin Khatthab kepada Gubernur Abu Musa al-Asy’ari r.a., sebagaimana dituturkan oleh Abu Ubaid, “Amma ba’du. Ketahuilah, sesungguhnya kekuatan itu terletak pada prestasi kerja. Oleh karena itu janganlah engkau tangguhkan pekerjaan hari ini hingga esok, karena pekerjaanmu akan menumpuk, sehingga kamu tidak tahu lagi mana yang harus dikerjakan, dan akhirnya semua terbengkalai.”(Kitab al-Amwal, 10).
Allaah s.w.t. bersumpah dengan masa, menunjukkan waktu bagi manusia sangat berharga. Dengan waktu seseorang bisa memupuk iman dan memperkaya diri dengan amal shalih dan dengan waktu pula seseorang bisa terjerumus dalam perkara-perkara yang dimurkai Allaah. Allaah s.w.t. berfirman:
“Demi masa. Sesungguhnya manusia berada dalam kerugian kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih, orang-orang yang saling nasihat-menasihati dalam kebaikan dan saling nasihat-menasihati dalam kesabaran.” (Al-’Ashr: 1-3)
3.      Manfaatkan waktu luang
Memanfaatkan waktu luang sangatlah penting karena “Waktu adalah Pedang“-“Al-Waqtu Kashshoif”. Arti kata ini mengandung makna bahwa dengan waktu, manusia bisa menjadi mulia, atau dengan waktu manusia bisa menjadi binasa.
Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
”Ada dua kenikmatan yang banyak dilupakan oleh manusia, yaitu nikmat sehat dan waktu luang”. (HR. Bukhari&Muslim)
Imam Al Ghazali, salah seorang dari ulama besar yang meninggal pada tahun 1111 Masehi, pada suatu majelisnya bertanya 6 hal dengan pertanyaan sederhana namun mendalam. Salah satunya adalah “Apa yang paling jauh?” Tentu bukan tempat, benda langit atau lainnya. Tapi menurut Al Ghazali, yang paling jauh, yaitu masa lalu. Kok bisa masa lalu? Ya iyalah. Kan masa lalu, meskipun sedetik yang lalu jika sudah berlalu kita tidak akan pernah bisa menuju ke sana. Jika ukuran jauh karena jarak, pasti kita masih bisa menuju ke sana. Masa lalu tidak akan bisa (entah nanti, manusia bisa seperti di anime Doraemon dengan mesin waktunya atau seperti kata Einstein yang kurang lebih begini : Bila manusia sudah bisa menemukan kendaraan yang setidaknya menyamai kecepatan cahaya maka ia dapat kembali ke masa lalunya).
Nah, waktu luang sebisa mungkin diisi dengan hal-hal yang positif, contohnya membaca Al-Quran saat guru belum masuk ke kelas.
Mengapa aktivitas harus dimanage?
1.      Agar mencapai tujuan hidup
Tanpa pengaturan hidup yang matang, kemungkinan seseorang untuk mencapai keberhasilan sangat kecil.
2.      Agar dapat menunaikan hak-hak orang lain
Tidak hanya diri kita sendiri yang memiliki hak untuk mendapatkan sesuatu, tetapi juga orang lain pun memiliki hak atas diri kita.
Misalnya : Memanage waktu untuk membantu orang tua yang memang memiliki hak atas diri kita
3.      Karena kewajiban (pekerjaan) kita lebih banyak dari waktu yang tersedia
Ingat! Kita tidak hanya mempunyai hak yang harus didapatkan saja, tetapi juga memiliki serentetan kewajiban. Itu disebabkan karena sebetulnya di dalam hidup ini kita tidak hanya memerankan satu peran saja. Peran-peran tersebut, misalnya sebagai:
1. Hamba Allaah (mutlak) >>> beriman,
2. Anak >>> berbakti,
3. Siswa >>> belajar,
dan lain sebagainya.
Tidak hanya itu saja, kewajiban itu tidak boleh dikerjakan asal-asalan saja. Salah satu contoh yang salah adalah ,“Ah, yang penting mah belajar, urusan susah mah gimana nanti, kan tinggal nyontek.” Bila kejadiannya seperti ini kembali lagi pada kewajiban kita yang mutlak yaitu sebagai hamba Allaah, orang yang beriman akan berdoa dan bersungguh-sungguh melakukan segala sesuatu, karena ia yakin Allaah Maha Pengabul doa.
Itulah sebab-sebab mengapa kita harus memanage waktu.

0 komentar :

Posting Komentar

 
Toggle Footer